Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Musrembang Desa Pasawahan Kidul

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat ,  Musrembang Desa Pasawahan kidul  sendiri di laksanakan pada hari senin  Tanggal 11 Januari 2021, yang alhamdulilah dapat di hadiri oleh kepala Desa pasawahan kidul yang di wakili oleh sekdes pasawahan kidul, Perangkat Desa Pasawahan Kidul, Babinsa Dan  Babinkantibmas  Desa Pasawahan kidul, Bamusdes Desa Pasawahan Kidul, Ketua MUI Desa Pasawahan, Karang Taruna Desa Pasawahan Kidul,  Unsur kecamatan Pasawahan,  Bidan Desa, Kader Posyandu, Guru pa’ud , Ketua Rt, Ketua Rw, Dan Aanggota Linmas Desa pasawahan kidul. Pada intinya kegiatan Musrembang Desa pasawahan Kidul Tersebut mendiskusikan masalah yang dihadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek, baik itu pembangunan infrastruktur atau pun pembangunan Sumber Daya Manusia. Dengan Adanya kegiatan Musrembang ini semoga  semua warga desa Pasawahan Kidul dapat mengetahui lebih jauh dan lebih berpartisipasi lagi dengan program – program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa Pasawahan Kidul , dan yang lebih penting,  lebih mempererat tali silaturahmi antara warga dan Aparat Desa Pasawahan Kidul.

kegiatan SMD (Survey Mawas Diri) Desa Pasawahan kidul dan Puskesmas Kecamatan Pasawahan

Survey Mawas Diri (SMD) adalah kegiatan pengenalan masalah kesehatan serta potensi sumber daya yang terkait dengan pengembangan Desa Siaga Aktif. Tujuan dari SMD ini adalah Masyarakat mengenali permasalahan kesehatan, serta kegiatan UKBM yang telah dilaksanakan di desanya sendiri, Mengenali potensi di desa yang dapat digunakan  untuk mengatasi masalah kesehatan, Timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengatasi permasalahan kesehatan dengan mendayagunakan potensi yang ada. Tahapan pelaksanaan dari Pra SMD ini Melakukan pertemuan Pra SMD dengan agenda sebagai berikut : Melakukan pertemuan menyamakan persepsi mengenai masalah kesehatan keluarga/masyarakat/ yg ada di desa/kelurahan, Tetapkan prioritas masalah kesehatan serta penyebab terjadi masalah tersebut, Rumuskan upaya untuk mengatasi masalah tersebut serta sumber daya yang dapat dimanfaatkan, Lakukan pembahasan tentang cakupan Indikator Keluarga Sehat (IKS) yang mencerminkan perilaku keluarga beserta permasalahan kesehatan dan upaya peningkatan kualitasnya, Membuat kesepakatan untuk mengenali masalah kesehatan prioritas dengan melakukan Survei Mawas Diri (SMD). Untuk di Desa Pasawahan Kidul Sendiri permasalahan yang Sering Terjadi  adalah Masalah sanitasi Dan Kesehatan ibu Hamil. Masih Kurangnya pemahaman tentang Sanitasi dan kesehatan ibu hamil di Desa Pasawahan Kidul menjadi prioritas utama dalam pembahasan kegiatan ini. Pra SMD ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pasawahan Kidul pada Hari Senin, Tanggal 28 Desember 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Desa Pasawahan Kidul yang mewakili kepala Desa pasawahan Kidul Yang berhalangan hadir, Kepala Puskesmas Kecamatan pasawahan & staf, Perwaakilan BPD Desa Pasawahan kidul, PKK, STT, Kaling/Kadus, Kader Posyandu Lansia & Balita & Staf Kantor Desa. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Bp Kepala Desa yang diwakili oleh kasi pemerintahan, dan dilanjutkan dengan Presentasi dari Kepala Puskemas yang diwakili oleh ibu cindi (Staf Puskesmas) mengenai pentingnya Menjaga Sanitasi dan kesehatan ibu hamil, Disamping mencegah penyakit-penyakit lainnya yang ada. Diharapkan dengan dilaksanakan SMD di Desa Pasawahan Kidul ini permasalahan Kesehatan untuk masyarakat Desa Pasawahan kidul dapat teratasi.  

kegiatan PKTD ( Padat Karya Tunai Desa ) Desa Pasawahan kidul

PKTD (Padat Karya Tunai Desa ) Desa Pasawahan Kidul Program pembangunan fisik di tahun anggaran 2020 saat ini memang mengalami banyak sekali pengurangan. Bisa dikatakan, hampir seluruh kegiatan pembangunan fisik yang ada di dalam APBes Desa Pasawahan Kidul Tahun ini dialihkan untuk penanganan pandemi covid-19. PKTD ( Padat Karya Tunai Desa) Adalah Salah satu program pemerintah pusat yang ditujukan kepada warga masyarakat pedesaan  melalui Pemerintah Desa. Padat Karya Tunai Desa atau Cash For Work yang sudah mulai dicanangkan dan diberlakukan secara nasional sejak tahun 2018 yang lalu. Tahun 2020 ini adalah tahun kedua pelaksanaan program tersebut. Di wilayah Desa Pasawahan Kidul sendiri. untuk kegiatan tersebut masih dilaksanakan  untuk pembangunan  jalan desa yang dialokasikan di Wilayah Dusun 2 Tepatnya di Kp. Babakan Gonjing Rt 008 Dan Rt 007, Desa pasawahan Kidul.   Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 23 Desember 2020, di hadiri oleh Kepala Desa Pasawahan Kidul langsung yaitu Bpk. Rd. Nandang Kusnandar, Babinsa, Dan para Unsur tokoh masyarakat Desa Pasawahan kidul.  Kegiatan ini mempunyai dua tujuan sekaligus dalam pelaksanaanya, pertama pembangunan di wilayah Desa dapat berlangsung dan kedua pemberdayaan masyarakat juga dapat dilakukan di dalamnya karena dalam pengerjaan tersebut terdapat HOK kegiatan atau upah kepada para pekerja nya. Semoga dengan kegiatan ini, kesejahteraan masyarakat dapat sedikit terangkat karena didalam perekrutan pekerja pembangunan tersebut diharuskan melibatkan warga masyarakat yang termasuk ke dalam golongan stunting, 1/2 penganggur, dan juga penganggur murni.

jumsih desa Pasawahan Kidul

Kegiatan menggiatkan kembali Jumsih ini merupakan awal dan akan menjadi agenda khusus dalam rangka mewujudkan Desa Pasawahan Kidul bersih. Pencanangan dan kegiatan Jumsih yang dimulai dari Perangkat Desa Pasawaha Kidul, serta elemen masyarakat se Desa Pasawahan Kidul ini merupakan upaya mengembalikan kembali budaya masyarakat Desa Pasawahan Kidul Kecamatan Pasawahan Kabupaten purwakarta ini menjadi masyarakat yang peduli  dengan lingkungannya. Dalam penyelenggaraan Jumsih pada tanggal 11 Desember 2020, perangkat Desa Pasawahan kidul beserta elemen masyarakat turun langsung ke lapangan. Gotong royong dari kegiatan tersebut diperlihatkan oleh masyarakat Desa Pasawahan Kidul Beberapa warga Desa Pasawahan Kidul menyebutkan, kegiatan Jumsih merupakan hal positif dan patut dipertahankan apalagi di musim penghujan ini dapat saja sampah plastik mengotori jalanan sebagai akibat masih banyak warga di hulu sungai membuang sampah ke selokan.. Kegiatan Jum'at Bersih atau Jumsih merupakan salah satu bentuk gotong royong yang sudah harus mulai digalakkan kembali. Dalam beberapa kegiatan sosialisasi di setiap kecamatan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta  melalui Dinas Lingkungan Hidup secara telaten terus mengingatkan agar Jumsih dijadikan kegiatan rutin mingguan. Penanganan kebersihan terutama permasalahan sampah tidak hanya dilakukan dengan pemasangan baligho dan ajakan saja, juga harus disikapi oleh ketegasan dalam menegakkan aturan yang tertuang di dalam Peraturan Daerah mengenai sanksi dan hukuman bagi siapa saja yang mengotori/membuang sampah sembarangan. Hal ini juga harus disertai oleh sikap sigap petugas di lapangan.

Sosialisasi Program Triple Eliminasi (Scrining, HIV Test, Sfilis Test & Hepatitis Test

Kegiatan Sosialisasi ini di laksanakan pada hari Senin Tanggal 01 Desember 2020 bertempat di Aula Desa Pasawahan Kidul, Dilakukan Secara serentak live di semua Desa Yang Ada di kabupaten Purwakarta. Adapun Yang menghadiri acara tersebut adalah 1.Petugas Prog.HIV 2.Petugas Prog.Hepatitis 3.Petugas ATLM 4.Petugas RR 5.Bides Kader Posyadu 4 org Kader HIV 1 org Kegiatan ini lebih di Targetkan Kepada Ibu Hamil yang ada di Desa Pasawahan Kidul, dalam acara ini juga membuka pelayanan kepada ibu hamil jenis pelayanannya adalah Scrining, HIV Test, Sfilis Test & Hepatitis Test. Dengan di Sosialisasikannya program ini di harapkan kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang akan dilahirkannya menjadi semakin baik..