Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Kebun Pepaya California Desa Pasawahan Kidul

Kebun Pepaya California Desa Pasawahan Kidul

Menanam dan membudidayakan pepaya California bisa menjadi alternatif untuk memulai usaha dengan potensi keuntungan besar. Pepaya California merupakan salah satu buah sehat yang banyak disukai orang. Selain itu permintaan pasarnya tinggi atau banyak dicari.

Sekilas bentuk Pepaya California hampir sama dengan pepaya jenis lainnya. Namun sebenarnya pepaya ini memilili keungguan dibanding pepaya pada umumnya. '

Dari rasa, Pepaya California memiliki keunggulan karena rasanya tidak hanya manis tetapi juga segar. Warna daging buahnya merah dan lebih tebal jika dibandingkan dengan pepaya biasa.

Ketua Bamusdes ( Badan Musyawarah Desa)  Desa Pasawahan Kidul H. Hidayat Saepulaoh Bersama Paguyuban Petani Desa Pasawahan Kidul, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat melakukan budidaya Pepaya California di lahan yang dimiliki oleh Desa Pasawahan Kidul ( Bengkok) Yang terletak di Desa Babakan Gonjing Rt 008 / Rw 004 Desa Pasawahan Kidul Seluas 2000 Meter.

Menurut Kepala Desa Pasawahan Kidul Rd. Nandang Kusnandar,  saat ini terdapat 180 batang pohon pepaya California yang sudah ditanam."Total keseluruhan ada 180 pohon yang ditanam. Pada saat 4 Bulan lagi kita mulai memanen" ujarnya.

Rd. Nandang Kusnandar mengungkapkan alasan mengapa memilih membudidayakan pepaya California. Menurut dia, pepaya jenis ini banyak dicari masyarakat sehingga memiliki potensi nilai ekonomi yang besar, dan selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya warga yang terdapat didaerah tersebut dan umumnya Pemerintahan Desa Pasawahan Kidul.

"Tanaman pepaya California dapat tumbuh baik pada tanah yang subur, gembur dan harus banyak menahan air. pH tanah yang ideal adalah netral dengan pH 6-7. Angin yang tidak terlalu kencang sangat baik untuk penyerbukan bunga pepaya," katanya.

Dia menambahkan budidaya pepaya California dilakukan oleh kelompok Paguyuban Petani yang dibentuk pihak desa.

"Target kita adalah selain pasar – pasar Tradisonal yang ada di purwakarta, juga menjadi pemasok pepaya di supermarket-supermarket yang ada di Kabupaten Purwakarta," pungkasnya.

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler