Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

penyaluran BST Tahap 11 Desa Pasawahan Kidul

Berbeda dengan Tahap - tahap sebelumya, penyaluran bst tahap 11 atau Tahap ke 2 di tahun 2021 ini di laksanakan di Aula Desa Pasawahan kidul pada Hari sabtu Tanggal 20 Februari tahun 2021 jam 08 sd Selesai. Sebanyak 637 Orang / Kpm. Sebelumnya Tahap penyaluran di laksanakan di Aula kecamatan Pasawahan.. Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan lancar walaupun di guyur hujan yang sangat lebat, Adapun Kpm yang tidak sempat mencairkan bantuannya, dapat di ambil di kantor Pos Kecamatan Pasawahan pada hari senin Tanggal 22 februari 2021.

Kegiatan Bhakti SELASIH ( Selasa Bersih ) Desa Pasawahan Kidul

Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Alhamdulilah Bertepatan hari Selasa kemarin tanggal 16 Februari 2021  Perangkat Desa Pasawahan Kidul, Bamusdes, Ketua Rw, Ketua Rt, PKK, Karang Taruna, Anggota Pkh dan Bpnt Desa pasawahan Kidul, Semua unsur tokoh masyarakat bersama dengan Perwakilan Sebelas Desa yang ada di Kecamatan Pasawahan, menjalankan Program SELASIH  ( Selasa Bersih) Yang di gagas oleh Bupati Purwakarta Ibu Hj Anne Ratna Mustika, Sejumlah Kades dan aparat Desa terdekat dengan obyek bhakti Selasih menjadi pemandu arah dan terlibat aktif dalam operasi Selasih yang dilakukan setiap Selasa pagi jelang siang hari.    

Kegiatan Posyandu Desa Pasawahan Kidul

Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare. Di desa pasawahan kidul sendiri penimbangan balita di laksanakan secara berkala di tiap dusun setiap bulannya. pada hari selasa tanggal 10 Bulan Februari Tahun 2021 bertempat di Kantor Desa Pasawahan Kidul di laksanakan penimbangan balita Posyandu manggis manis II, Adapun Kegiatannya meliputi : 1. Penimbangan Balita: Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya. 2. Imunisasi  Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi.  Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah  - BCG untuk mencegah penyakit TBC. - DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus. - Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan. - Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning). 3. Peningkatan Gizi  Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita. 4. Penanggulangan diare  Penyediaan oralit di posyandu. Melakukan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di Puskesmas. Memberikan penyuluhan penggulangan diare oleh kader posyandu.  

Pembangunan Taman Lingkungan ( Mengubah tempat Sampah menjadi Taman Lingkungan )

Sejumlah warga di Rt 009 Rw 005 Kp. Sawah Tengah Desa Pasawahan Kidul Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengubah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi sebuah kawasan taman lingkungan yang berdaya manfaat bagi masyarakat sekitar. Lokasi yang dulunya kumuh kini menjadi salah satu tempat tujuan masyarakat untuk Sekedar mengobrol atau pun jalan-jalan sore dengan keluarga. Menurut ketua Rt setempat Bpk. Ayat Hidayat. ini dilakukan karena tempat pembuangan sampah yang dulu sangat menggangu lingkungan sekitar baik udara maupun pemandangannya, sehingga timbul inisiatif warga untuk mengubah tempat pembuangan sampah tersebut menjadi taman lingkungan. Dan memindahkan lokasi pembunagan sampah tersebut ke tempat yang selaknya. Pembangunan taman ini  berjalan sudah mencapai tahap 95 %.. di laksanakan sejak awal januari 2021 oleh swadaya masyarakat sekitar baik biaya maupun tenaga dan pikirannya.. semoga dengan adanya taman lingkungan tersebut menjadikan lingkungan sekitar menjadi lebih sehat dan sedap di pandang.

Musrembang Desa Pasawahan Kidul

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat ,  Musrembang Desa Pasawahan kidul  sendiri di laksanakan pada hari senin  Tanggal 11 Januari 2021, yang alhamdulilah dapat di hadiri oleh kepala Desa pasawahan kidul yang di wakili oleh sekdes pasawahan kidul, Perangkat Desa Pasawahan Kidul, Babinsa Dan  Babinkantibmas  Desa Pasawahan kidul, Bamusdes Desa Pasawahan Kidul, Ketua MUI Desa Pasawahan, Karang Taruna Desa Pasawahan Kidul,  Unsur kecamatan Pasawahan,  Bidan Desa, Kader Posyandu, Guru pa’ud , Ketua Rt, Ketua Rw, Dan Aanggota Linmas Desa pasawahan kidul. Pada intinya kegiatan Musrembang Desa pasawahan Kidul Tersebut mendiskusikan masalah yang dihadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek, baik itu pembangunan infrastruktur atau pun pembangunan Sumber Daya Manusia. Dengan Adanya kegiatan Musrembang ini semoga  semua warga desa Pasawahan Kidul dapat mengetahui lebih jauh dan lebih berpartisipasi lagi dengan program – program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa Pasawahan Kidul , dan yang lebih penting,  lebih mempererat tali silaturahmi antara warga dan Aparat Desa Pasawahan Kidul.