Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Kebun Pepaya California Desa Pasawahan Kidul

Menanam dan membudidayakan pepaya California bisa menjadi alternatif untuk memulai usaha dengan potensi keuntungan besar. Pepaya California merupakan salah satu buah sehat yang banyak disukai orang. Selain itu permintaan pasarnya tinggi atau banyak dicari. Sekilas bentuk Pepaya California hampir sama dengan pepaya jenis lainnya. Namun sebenarnya pepaya ini memilili keungguan dibanding pepaya pada umumnya. ' Dari rasa, Pepaya California memiliki keunggulan karena rasanya tidak hanya manis tetapi juga segar. Warna daging buahnya merah dan lebih tebal jika dibandingkan dengan pepaya biasa. Ketua Bamusdes ( Badan Musyawarah Desa)  Desa Pasawahan Kidul H. Hidayat Saepulaoh Bersama Paguyuban Petani Desa Pasawahan Kidul, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat melakukan budidaya Pepaya California di lahan yang dimiliki oleh Desa Pasawahan Kidul ( Bengkok) Yang terletak di Desa Babakan Gonjing Rt 008 / Rw 004 Desa Pasawahan Kidul Seluas 2000 Meter. Menurut Kepala Desa Pasawahan Kidul Rd. Nandang Kusnandar,  saat ini terdapat 180 batang pohon pepaya California yang sudah ditanam."Total keseluruhan ada 180 pohon yang ditanam. Pada saat 4 Bulan lagi kita mulai memanen" ujarnya. Rd. Nandang Kusnandar mengungkapkan alasan mengapa memilih membudidayakan pepaya California. Menurut dia, pepaya jenis ini banyak dicari masyarakat sehingga memiliki potensi nilai ekonomi yang besar, dan selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya warga yang terdapat didaerah tersebut dan umumnya Pemerintahan Desa Pasawahan Kidul. "Tanaman pepaya California dapat tumbuh baik pada tanah yang subur, gembur dan harus banyak menahan air. pH tanah yang ideal adalah netral dengan pH 6-7. Angin yang tidak terlalu kencang sangat baik untuk penyerbukan bunga pepaya," katanya. Dia menambahkan budidaya pepaya California dilakukan oleh kelompok Paguyuban Petani yang dibentuk pihak desa. "Target kita adalah selain pasar – pasar Tradisonal yang ada di purwakarta, juga menjadi pemasok pepaya di supermarket-supermarket yang ada di Kabupaten Purwakarta," pungkasnya.  

Jumsih Rutin Desa Pasawahan Kidul Bersama Desa Pasawahan

Kegiatan ini Rutin dilakukan setiap hari jumat di daerah masing-masing di wilayah desa pasawahan kidul. Pada hari jumat ini tanggal 27 November 2020 semua aparat pemerintahan Desa Pasawahan Kidul ( Bamusdes, Rw, Rt, Linmas, dan warga) yang berpartisipasi melakukan jumsih di arahkan di wilayah Dusun 2 Rt 007 Rw 004 Kp Babakan Gonjing Desa Pasawahan kidul.  Pemerintahan Desa Pasawahan kidul Bersama Pemerintahan Desa Pasawahan bekerjasama Melakukan Kerja Bakti bersama di wilayah perbatasan antara desa Pasawahan kidul dengan Desa Pasawahan, di hadiri oleh Masing - masing kepala Desa, serta Camat Dan Sekcam kecamatan pasawahan.  ini di lakukan selain untuk menjaga kebersihan bersama, juga akan dilaksanakannya Upacara Hari Korpri di wilayah Desa Pasawahan pada Hari Senin Tanggal 30 November 2020 yang Rencananya akan di hadiri Oleh Bupati Purwakarta yaitu Ambu Hj. Anne Ratna Mustika, SE. Semoga Kegiatan ini akan terus berlanjut dan menjadi kegiatan rutin setiap minggunya..

Pendistribusian Bantuan Kementrian Sosial (Kemensos) Tahap 9

Pendistristribusian bantuan tahap ke 9 ini di laksanakan di Aula Kecamatan Pasawahan Pada Hari kamis Tanggal  26 November 2020 Jam 07:30 sd 11:00,  yang berjumlah sebanyak 659 penerima,  Dalam teknis pendistribuasiannya, sebisa mungkin perangkat Desa Pasawahan Kidul dan Babinsa Desa pasawahan Kidul bekerjasama dengan Kecamatan pasawahan, menekankan kepada Warga yang menerima Bantuan Agar dalam pencairan bantuan tersebut selalu memakai masker dan menjaga jarak, mengingat pada 2 bulan terakhir Kecamatan Pasawahan Dinyatakan sebagai Zona Merah terkait penyebaran virus covid 19. Bantuan ini adalah bantuan tahap terakhir di tahun 2020, Selanjutnya belum ada pemberitahuan lagi kapan akan di distribusikan kembali, menunggu hasil keputusan dari kementrian sosial. Anjuran dari pemerintah pusat, kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan berupa bantuan Tunai ( Bantuan Langsung Tunai ) dari kementrian sosial atau pun bantuan lain yang bentuknya bantuan dari pemerintah, Sebaiknya di gunakan dengan sebaik-baiknya, di belanjakan di warung - warung kecil di sekitaran daerah nya masing - masing agar Roda perekonomian Khususnya di Desa tersebut, Umumnya di wilayah kesatuan Republik Indonesia Dapat berputar sehingga perekonomian Nasional dapat berjalan dengan baik.. Sekian dan terima kasih,.

Sosialisasi Kampung Ramah Anak Bersama Dinas Sosial Purwakarta

Sosialisasi ini di laksanakan pada hari senin 23 November 2020 yang bertempat di Aula Desa Pasawahan Kidul Dimulai pada jam 08:30 sd selesai, alhamdulilah acara ini dapat terselenggara dengan baik dan dihadiri oleh masyarakat setempat dan hadir sebagai nara sumber adalah bapak Drs Imam Tabroni, Mpd.i dari dinas P3 A 2020 ( Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak). Tujuannnya diadakan sosialisasi ini adalah untuk mewujudkan Kabupaten Purwakarta menjadi Kabupaten Layak Anak(KLA),salah satunya yaitu dengan melalui sosialisasi ke Desa Desa dengan tujuan untuk menyamakan Visi antara seluruh stockholder yang ada di Kabupaten Purwakarta dari mulai Rt,Rw,Kades/Lurah,Camat sampai dengan pimpinan tertinggi untuk sama sama mewujudkan Kabupaten Layak Anak(KLA) dan salah satunya seperti hari ini dengan sosialisasi pembentukan kampung ramah anak tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2020 “Ketika berbicara anak bukan berbicara hari ini tapi berbicara 20-30 tahun yang akan datang jadi kita yang mempunyai amanat hari ini untuk menjadi Kepala Desa,Camat,Kepala Opd harus menyiapkan Inprastruktur kaitan dengan keberpihakan tumbuh kembang anak yang ada di Kabupaten Purwakarta” Kedepannya, dengan adanya kampung ramah anak ini kita bangkitkan kembali kearifan lokal yang ada di Desa masing masing salah satu contohnya kaulinan lembur yaitu kebiasaan yang dilakukan waktu kecil seperti main eggrang,kaleci,congklak dan lain sebagainya yang bersipat membangkitkan motorik anak “Jadi sekarang ketergantungan gadget sangat tergantung sekali dengan adanya kampung ramah anak ini kita dorong masyarakat sekitar yang ada di kampung tersebut untuk membangkitkan kembali kearifan lokal yang ada di Desa masing masing”ujarnya diharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini semua masyarakat menjadi tahu dan semuanya bersama sama untuk membentuk kampung ramah anak yaitu kampung yang mendukung tumbuh kembang anak yang ada di Desa Desa “Jadi otomatis tumbuh kembang anak kedepannya akan lebih bagus dan akan menjadi generasi emas di tahun 2040?jelasnya Di tempat yang sama, Kepala Desa Pasawahan Kidul, Kecamatan Pasawahan, Rd. Nandang kusnandar Dengan adanya sosialisasi kampung ramah anak mudah mudahan bisa memotipasi warga terutama untuk warga di perkampungan khususnya untuk Desa Pasawahan Kidul “Melihat situasi saat ini, Kepala Desa Pasawahan Kidul berharap tingkat perkembangan anak terutama dengan adanya media sosial anak ketergantungan dengan gadget ,dengan adanya sosialisasi ini saya berharap desa kami selama saya menjabat di sini bisa menjadi branding desa layak anak.