Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

kegiatan SMD (Survey Mawas Diri) Desa Pasawahan kidul dan Puskesmas Kecamatan Pasawahan

kegiatan SMD (Survey Mawas Diri) Desa Pasawahan kidul dan Puskesmas Kecamatan Pasawahan

Survey Mawas Diri (SMD) adalah kegiatan pengenalan masalah kesehatan serta potensi sumber daya yang terkait dengan pengembangan Desa Siaga Aktif. Tujuan dari SMD ini adalah Masyarakat mengenali permasalahan kesehatan, serta kegiatan UKBM yang telah dilaksanakan di desanya sendiri, Mengenali potensi di desa yang dapat digunakan  untuk mengatasi masalah kesehatan, Timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengatasi permasalahan kesehatan dengan mendayagunakan potensi yang ada. Tahapan pelaksanaan dari Pra SMD ini Melakukan pertemuan Pra SMD dengan agenda sebagai berikut : Melakukan pertemuan menyamakan persepsi mengenai masalah kesehatan keluarga/masyarakat/ yg ada di desa/kelurahan, Tetapkan prioritas masalah kesehatan serta penyebab terjadi masalah tersebut, Rumuskan upaya untuk mengatasi masalah tersebut serta sumber daya yang dapat dimanfaatkan, Lakukan pembahasan tentang cakupan Indikator Keluarga Sehat (IKS) yang mencerminkan perilaku keluarga beserta permasalahan kesehatan dan upaya peningkatan kualitasnya, Membuat kesepakatan untuk mengenali masalah kesehatan prioritas dengan melakukan Survei Mawas Diri (SMD).

Untuk di Desa Pasawahan Kidul Sendiri permasalahan yang Sering Terjadi  adalah Masalah sanitasi Dan Kesehatan ibu Hamil. Masih Kurangnya pemahaman tentang Sanitasi dan kesehatan ibu hamil di Desa Pasawahan Kidul menjadi prioritas utama dalam pembahasan kegiatan ini.

Pra SMD ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pasawahan Kidul pada Hari Senin, Tanggal 28 Desember 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Desa Pasawahan Kidul yang mewakili kepala Desa pasawahan Kidul Yang berhalangan hadir, Kepala Puskesmas Kecamatan pasawahan & staf, Perwaakilan BPD Desa Pasawahan kidul, PKK, STT, Kaling/Kadus, Kader Posyandu Lansia & Balita & Staf Kantor Desa. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Bp Kepala Desa yang diwakili oleh kasi pemerintahan, dan dilanjutkan dengan Presentasi dari Kepala Puskemas yang diwakili oleh ibu cindi (Staf Puskesmas) mengenai pentingnya Menjaga Sanitasi dan kesehatan ibu hamil, Disamping mencegah penyakit-penyakit lainnya yang ada. Diharapkan dengan dilaksanakan SMD di Desa Pasawahan Kidul ini permasalahan Kesehatan untuk masyarakat Desa Pasawahan kidul dapat teratasi.

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler